Monday, October 6, 2008

Mudik Lebaran

Akhirnya.. saya merasakan juga yg namanya mudik lebaran. Selama ini, saya selalu berlebaran di jakarta, kampung (eh, kota) halaman. Meski sejak menikah slalu silaturahim saat lebaran ke kampung istri di Cimahi, Bandung. Namun belum pernah saat malam takbiran, hari H, ataupun sholat 'ied di Bandung. Biasanya, dalam 3 tahun terakhir saya dan istri baru sowan ke Bandung saat H+2. Tahun ini saya, istri dan Faruq berkesempatan melalui H-1 hingga H+2 di Bandung..

H-1

Alhamdulillah.. perjalanan jakarta-bandung lewat tol cipularang lancar.. berangkat dari pool Star Travel di Plaza Tendean jam 10 pagi.. Tujuan akhir travel adalah pool Star di Ciwalk. Setelah keluar tol Pasteur, kita minta turun di BTC jam 11:30 teng.. Berarti cuma 1,5 jam perjalanan Jakarta-Bandung. Di BTC ibu mertua sudah menunggu untuk menjemput cucu kesayangannya.. Yup, siapa lagi kalo bukan Faruq, my junior.. maklum, cucu pertama dan satu2nya yg kini berumur 4 bulan itu baru kali ini ke Bandung..

Setelah "ngedrop" faruq di BTC, saya & ummi-nya faruq belanja dulu ke Giant yg berada di sebrang BTC (Bandung Trade Center).. gak enak mudik ke mertua gak bawa apa2.. eh, bawa dodol ding.. titipan dari emak di jakarte.. dodol betawi ma dodol china.. sambil nyari2 sesuatu buat menu buka puasa di hari terakhir ramadhan tahun ini dan kue2 kering buat lebaran.. selesai shopping, langsung cabut ke rumah mertua di Cimahi..

H

Setelah sholat 'ied di lapangan deket rumah, ketupat dan opor ayam sudah menunggu.. ba'da makan2, kita silaturahim ke beberapa tetangga.. kemudian berangkat ke Kopo, rumah Wa Idi, adik dari alm. bapak mertua saya.. disana sudah berkumpul keluarga besar dari istri saya.. Faruq yg lagi lucu2nya jadi pusat perhatian disana, seperti juga waktu di Cimahi..

H+1

Jam 9 pagi tiba di Masjid Salman ITB, janji ketemuan dgn Mas Roji yg membawa istri & 3 anaknya, Nusaiba (7th), Huzaifah (4th) dan Ammar (1,5th).. Saya juga bawa pasukan: faruq, ummu faruq dan juan (keponakan istri yg berusia 8th).. Mas Roji adalah sobat saya waktu kuliah di Bandung. Dulu saya banyak belajar bisnis dari dia. Dia membiayai kuliahnya sendiri dengan usaha percetakan-nya. Kami berdua pernah berkolaborasi dengan berjualan buku2 islam di kampus dan sekitarnya.. Kini Mas Roji bekerja di sebuah BUMN.. Pertemuan di Salman itu membuka kembali aura kami untuk bisnis bareng lagi.. mudah2an suatu saat bisa terwujud..

H+2

Kalo berangkat naek Star, pulang pake Cipaganti. Kebetulan ada pool Cipaganti di BTC. Enin dan Wa Dega mengantar Faruq hingga BTC. Nenek dan Om-nya Faruq itu terasa berat melepas cucu dan ponakannya ke Jakarta. 3 hari sepertinya masih kurang untuk bermain2 dengan Faruq. Kapan2 kita ke Bandung lagi kok, Nin.. Jakarta-Bandung kan deket.. Wuzz.. Cipaganti pun melaju dari Bandung ke Jakarta lewat tol Cipularang.. menyisakan sebuah pantun yang terkirim sebagai sms lebaran di malam takbiran..

mudik ke bandung lewat cipularang
mampir sejenak mengisi bensin
idul fitri sudah menjelang
mohon maaf lahir & bathin

No comments: