Monday, February 15, 2010

Alternatif Transaksi Melalui Rekening Bersama

Sejak membuka toko online www.rumahlaptop.com, saya mengalami kendala untuk transaksi jual-beli laptop 2nd dengan pembeli di luar kota. Kendala tersebut antara lain:
- Pembeli ingin barang dikirim dulu, sementara saya ingin pembeli transfer uang dulu
- Pembeli ingin melihat kondisi barang dulu karena tidak ada garansi seperti halnya barang baru (biasanya untuk barang jenis 2nd hanya garansi service dari toko sekitar 1 bulan)
- Harga laptop (2nd) dipasaran masih tergolong tinggi dibanding elektronik lainnya, sehingga ada resiko yang cukup besar jika barang tidak sesuai dengan yang diinginkan
- Keamanan transaksi meragukan, karena tidak ada jaminan setelah barang dikirim dan diterima, uang akan langsung ditransfer oleh pembeli. dst..

Kemudian saya mencoba untuk mendongkrak penjualan toko online saya di Kaskus. Setelah posting disalah satu forum jual beli (FJB), laptop yang saya jual mulai ada yang nawar (sundul gan..hehe). Hasilnya seorang pembeli dari luar kota berminat dengan harga yang cocok. Untuk COD tidak memungkinkan karena lokasi, sehingga disepakati transaksi dengan menggunakan rekening bersama.

Syarat jual beli pun sudah lengkap (penjual, pembeli, barang yang dijualbelikan, dan akad jual beli), meski dilakukan secara online..
Prosesnya cukup cepat, meski alurnya agak panjang. Skemanya sbb:



Sebagai gambaran, saya ilustrasikan alur yang saya lalui saat pertama kali transaksi via rekber. Setelah DEAL, proses hanya butuh waktu sekitar 3 hari, sbb:

Hari ke-1 :
- Pembeli transfer uang ke rekber sejumlah nilai jual barang yang disepakati + biaya administrasi
- Pihak rekber konfirmasi ke penjual melalui sms dan pm (private message)
- Penjual reconfirm ke rekber dengan memberikan nomor rekening penjual
Hari ke-2 :
- Barang dikirim melalui jasa kurir yang disepakati
- Proses pengiriman barang selama 2 hari
Hari ke-4 :
- Barang sampai ditujuan dan diterima pembeli
- Pembeli konfirm ke rekber dan penjual barang sudah diterima sesuai spek dan kondisi yang ada di FJB
- Pihak Rekber transfer ke rekening penjual senilai harga yang disepakati sebelumnya
- Dana masuk ke rekening penjual.. Selesai..!!

Alhamdulillah.. Aman dan mudah ternyata.. Semoga berkah.. :)

1 comment:

Rahman Agung said...

Patut di coba nih bos!!!!!!