Thursday, March 18, 2010

The Secret

Lama nggak hunting buku.. Jalan2 lah saya ke Gramedia Pejaten Village yang baru buka beberapa bulan ini. Padahal, banyak buku belum dibaca yang tersimpan rapi di rak buku. Biasanya rutin beli saat book fair, tapi bacanya entah kapan. Pikir saya, yang penting ada dulu. Suatu saat lagi mood baca, kan tinggal dibuka.. hehe..

Ok, kembali ke hunting buku tadi.. Pilihan jatuh ke The Secret karya Rhonda Byrne. Kata beberapa teman, buku ini begitu inspiratif.

Konsep yang disampaikan oleh The Secret sebenarnya sederhana. Bahwa kita akan mendapatkan apa yang kita inginkan. Kita akan mengalami apa yang kita pikirkan.
Seperti hukum tarik menarik. Segala sesuatu yang datang ke dalam hidup kita adalah karena kita menariknya ke dalam lingkaran hidup kita. Kita dapat menariknya dengan pikiran kita. Dengan ucapan kita. Atau dengan tangan kita..

Pertanyaannya adalah, seberapa kuat kita mampu menarik sesuatu yang diluar ke dalam hidup kita?

Rahasianya adalah positive thinking. Buang jauh2 pikiran negatif, karena itu akan menjauhkan kita dari apa yang kita inginkan. Dengan berfikir positif, maka kita akan mendapatkan sesuatu yang positif.

Baik, kita ambil contoh dengan kehidupan kita sehari2. Ketika pikiran kita sering dipenuhi dengan anak yang bandel dan istri yang cerewet, mungkin kita tidak akan betah di rumah. Tapi ternyata yang sering terbayang oleh kita adalah anak yang baik dan istri yang penuh perhatian, membuat kita semakin mencintai mereka. Ketika kita mengeluhkan relasi kerja yang malas dan tidak kooperatif, maka itu akan menjadi beban dalam menjalin hubungan kerjasama. Namun ketika kita fokus pada apa yang kita hargai dari orang tsb, relasi kerja akan semakin baik dan baik lagi.

Ucapan yang terlontar dari mulut kita kadang bisa jadi bumerang pada diri kita.
Saat sakit, kita sering mengeluh.. "aduh, sakit.." maka kesembuhanpun enggan menghampiri kita. Fokuslah pada kesembuhan.. Pikirkan bagaimana nikmatnya saat kita sehat.. Dan kesembuhan akan datang lebih cepat.

Setelah positif thinking, tetaplah fokus dan percayalah bahwa "semesta" sedang melakukan proses untuk mewujudkan keinginan kita. Kadang dengan membayangkan saja, kita bisa mendapatkan mimpi kita.

Dalam bahasa yang saya fahami, mintalah sesuatu yang kita inginkan (do'a) kemudian jagalah keinginan kita dengan pikiran yang positif (ikhtiar). Maka tunggulah saatnya sampai Allah menjadikannya sebagai kenyataan hidup, entah diwaktu yang cepat atau lambat (tawakkal).

"Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo'a apabila ia memohon kepada-Ku.." (QS 2:186)

No comments: