Wednesday, March 26, 2008

Nyang Penting Pelototin Amplopnye...!!!

Nice story.. Mengingatkan kita untuk tetap fokus pada apa yang ingin kita raih..

====

"Byuuuuuuuuuuur!!!"

Untuk belasan kalinya bocah yang berbeda gagal dan nyebur ke dalam sungai. Sejenak tubuh mereka seolah ditelan oleh coklatnya kalimalang. Tak berapa lama kepala mereka tanpak menyembul, berenang-renang ketepian sungai, kemudian berdiri bersama yang lain menggigil kedinginan diatas lumpur yang sudah mengering. Meskipun tidak semeriah mula-mula, penonton kembali tertawa. Mungkin mereka mulai agak bosan, apalagi adegan ini sudah tidak terlalu lucu lagi, untuk kesekian kalinya bocah-bocah ini gagal. Tugas bocah-bocah ini sepintas sederhana, berjalan diatas bambu yang dilumuri oil, yang ujungnya digantungi sekumpulan amplop berisi uang. Pertunjukan biasa disaat perayaan tujuhbelasan.

Tak berapa lama tampilah seorang pria gempal berkumis tebal, berkulit hitam. Setahu ku si bapak sudah mengamati peristiwa ini cukup lama. Tersirat ketidaksabaran pada dahinya yang berkerut. Dengan celana bahan tergulung sebagian, bersendal jepit dan mengenakan topi tak bercaping, bertuliskan FBR, Ia berjongkok dipinggir kali. Tangannya memberi kode dan memanggil bocah-bocah tersebut. Rupanya 'Boss Besar' ingin bicara. Sambil menunjuk kearah amplop-amplop itu ia berteriak, "Bambunya nggak usah ente liatin, nyang penting no …amplopnye, pelototin amplopnye aje, ..inget amplopnye..!!! Pasti elu nyampe !!!

Pengarahan yang singkat, padat dan sederhana. Aku pikir ia akan memberitahu jurus-jurus rahasia, tapi ternyata tidak. There's no tricks, only simple tips ! Sejenak aku merenung. Betapa benar ucapannya. Kata-kata yang nyaris sama pernah kubaca disebuah buku luar biasa. Dr. Norman Vincent Peale dalam bukunya The Power of Positif Thinking, pernah bertutur sebuah cerita yang lebih kurang sama dengan adegan tujuh belasan ala Kalimalang diatas. Seorang pesenam yang nampak ketakutan berjalan diatas palang-palang, mendapat tips sederhana dari pelatihnya. "Lemparkan hatimu kepalang itu, maka tubuhmu akan mengikutinya". Hampir pasti Bapak "FBR" ini tidak pernah mendengar kata-kata "The Power of Positive Thinking" apalagi mendengar nama Dr. Norman Vincent Peale, tetapi kebijakan hidup yang sama rupanya telah diturunkan dari generasi kegenerasi. *Tanpa memandang ras, latar belakang dan apapun juga. Hidup tanpaknya selalu dengan senang hati membuka rahasia, kepada mereka yang mau mendengarkannya*. Memang ketika kita berfokus pada tujuan hidup, maka kita akan mampu melewati apapun halangan dan rintangan yang seolah menggagalkan langkah kita. Demikian hebatnya kekuatan fokus manusia yang kemudian dikuatkan rasa percaya diri, hingga kita menjadi mudah melalui perapian yang menyala-nyala. Tanpa ilmu apapun. Seorang ibu yang demikian terfokus atas keselamatan bayinya, dengan reflek mengangkat mobil yang melindas sang bayi. *Keep on your focus, let a miracle of live handle the rest !!!*

Sedikit meneruskan adegan tujuhbelasan diKalimalang. Setelah mendapat pengarahan dari 'Boss Besar' puluhan amplop yang bergantungan itu telah berkurang banyak jumlahnya. Bocah-bocah sungai ini berhasil mendapatkan upah dari kehidupan dengan menerapkan nasehat sederhana.

"Bambunya nggak usah ente liatin, nyang penting no …amplopnye, pelototin amplopnye aje, ..inget amplopnye..!!! Pasti elu nyampe !!!"


Source: Milis TDA

No comments: