Tuesday, June 3, 2008

Tips Memulai Usaha

Tanya:

Assalamu'alaikum Pak Andy......
Insya Allah, ceritanya aku dan beberapa teman ingin serius utk berbisnis, ya kecil2an sich (doain ya......)
nah, aku kan pernah dengar pak andy salah satu orang yang sampai saat ini masih jalan berbisnis dan sudah mengalami pasang surut dlm berbisnis
ehm....kira2 apa yg musti kita persiapkan nich pak utk mulai berusaha?
maksudku apakah ada trik2 tertentu sehingga bisa meminimalisir kesalahan2 dan kekacauan2?
dan mungkin hal2 lainnya bisa dishare? ( ^ ^ )
Jazakallah ya pak.............( ^ ^

Jawab:

'Alaikumussalam..

Kalo mulai usaha, gak ada trik khusus.. Hingga saat ini saya juga masih proses belajar. Mungkin sedikit sharing pengalaman aja ya..

1. Berani memulai
Jujur aja, kita buka usaha tentu ingin menghasilkan uang.
Kalo mulai usaha sekarang, kemungkinan uang akan datang hari ini.
Tapi kalo usaha itu kita tunda, entah kapan kita akan menghasilkan uang.
Mengutip ungkapan seorang teman, "Anda tidak perlu hebat untuk memulai, tetapi anda harus memulai untuk menjadi hebat"

2. Yakin untuk Sukses
Banyak yang bilang, untuk sukses berbisnis itu harus berani gagal.
Saya lebih setuju dengan keyakinan untuk sukses, Kata gagal berkonotasi negatif dan cenderung melemahkan kita.
Andaikan mulai usaha sekarang dan ternyata gagal, kita bisa
secepatnya putar haluan usaha dan mencoba yang lainnya. Ingat, waktu
dan umur adalah komoditas termahal. Sangat jarang orang membuka bisnis langsung berhasil dan permanen
seumur hidupnya. Saya sendiri jatuh bangun beberapa kali, mulai dari buka usaha kaos, buku2 islam, laptop second hingga bisnis burger.
Untuk burger ini saya sempat bertahan 2 tahun dan punya 2 counter, tapi akhirnya saya jual semua.
Semua itu boleh dikatakan gagal. Tapi kemudian saya mulai menemukan bisnis yang pas saat ini di cuci motor (www.gwguyur.com).

3. Mulai usaha dengan apa yang ada, nanti akan ketemu juga jalannya.
Saya sering baca, banyak pengusaha yang tidak menduga kalo dia bisa
bisnis di bidang seperti sekarang ini, yang pada awalnya tidak ada
minat kesana. Saya sendiri punya interest di bidang komputer, tapi
usaha sekarang malah melenceng dari minat saya (cuci motor).

4. Banyak berteman dengan pengusaha untuk membangun jiwa enterpreneur kita.
Gak harus pengusaha besar dan sukses. Pengusaha2 UKM banyak disekitar kita, termasuk yang baru mulai seperti kita.
Alhamdulillah, sejak saya gabung di komunitas TDA (www.tangandiatas.com), passion bisnis saya terus terjaga.
Dari mereka, saya juga bisa sharing pengalaman2 yang dihadapi dalam dunia usaha.
Ikut aja milisnya dulu.. tangandiatas@yahoogroups.com atau milis enterpreneur lainnya.

5. Selalu open minded. Kalo keukeuh dengan pendirian sendiri, kita
tidak akan banyak belajar pengalaman hidup dari orang lain. Kalo
sudah demikian, kita jadi nggak berkembang.

Intinya adalah, segera mulai dan terus bergerak. Semakin kita diam, semakin berat untuk menggerakkan bisnis kita.
Dan ketika kita sudah mencoba, maka gerak sekecil apapun akan membuat gerak bisnis berikutnya menjadi lebih mudah.
Insya Allah.. Semoga membantu..

1 comment:

jauhari mk, MM said...

Tulisan yang menarik untuk memulai usaha.
Kalau boleh saya ingin sharing .. melengkapi dari sisi kalkulasi finansialnya untuk membuka usaha secara simple dan applicable untuk small business .. tulisan bisa di lihat di http://finplanner-jauhari.blogspot.com/2012/01/bagaimana-menghitung-kelayakan-bisnis.html#more