Friday, June 27, 2008

IPv6 On The Spot


Friday Class hari ini membahas tentang IPv6, dengan trainer A. Rahman Isnaini, MIP (Master IP, bisa juga Man In Pojok.. secara mejanya paling pojok :p). Dengan gayanya yang khas, pria berdarah Padang bertulang Minang yang menguasai 5 bahasa ini (tebak, apa aja?) membuat suasana training berjalan santai tapi serius. Mungkin kalo ada Kiki, akan berubah jadi santai tapi ngakak.. :) (Ki, rugi gak dateng.. kue pukis 2 dus banyak yg sisa tuh.. Tumben sisa.. hehe). Ok deh.. sekian liputan santainya.. sekarang giliran seriusnya..

Mengapa IPv6?
Menurut analis senior APNIC (Asia Pacific Network Information Centre) Mr. Geoff Houston, alokasi IPv4 di tingkat IANA (lembaga pengelola alamat IP) akan habis pada tahun 2010 dan akan disusul penyerapan pada tingkat regional pada tahun 2011. Sedangkan pada tingkat pengguna (lokal) akan habis maksimal pada tahun 2012. Melihat trend pemanfaatan IP saat ini dan tingginya tingkat pertumbuhan layanan broadband, IPv4 mungkin akan habis lebih cepat lagi.

So.. IPv6 adalah solusi satu-satunya krisis alokasi IPv4. IPv6 memiliki banyak kelebihan seperti kemanan, kemampuan konfigurasi dan routing otomatis serta jumlah pengalamatan yang mencapai 2^128, setara dengan setiap inci permukaan bumi. Jauh lebih banyak dari IPv4 yang hanya sejumlah 2^32 atau sekitar 4 Milyar. Akan tetapi, riset, pengembangan dan implementasi IPv6 sejauh ini masih sangat terbatas dan jauh lebih lambat dibandingkan percepatan konsumsi IPv6. Sehingga ada kekhawatiran IPv6 tidak akan siap menggantikan IPv4 pada saat krisis IP terjadi, yang diperkirakan akan mencapai puncaknya pada tahun 2012.

Indonet sebagai salah satu ISP yang concern dengan pengembangan IPv6 telah melakukan beberapa percepatan, diantaranya dengan implementasi IPv6 pada sejumlah webserver untuk publik:
- ipv6.indo.net.id => Info seputar IPv6 Task Force
- indotube6.indo.net.id => Youtube-nya Indonet
- myip.indo.net.id => Cek IP & Speedtest
dan akan menyusul produk2 base on IPv6 berikutnya..

Lets start using IPv6 on your PC..
Berikut langkah sederhana untuk setting IPv6 di Windows XP..

C:\Documents and Settings\Andhee>ipv6 install
Installing...
Succeeded.

C:\Documents and Settings\Andhee>netsh interface ipv6 add address "Local Area Connection" 2404:170:253::21
Ok.

C:\Documents and Settings\Andhee>netsh interface ipv6 add route ::/0 "Local Area Connection" 2404:170:253::1
Ok.

C:\Documents and Settings\Andhee>ping indotube6.indo.net.id

Pinging indotube6.indo.net.id [2404:170:32::32] with 32 bytes of data:

Reply from 2404:170:32::32: time=1ms
Reply from 2404:170:32::32: time=2ms
Reply from 2404:170:32::32: time=1ms
Reply from 2404:170:32::32: time=2ms

Ping statistics for 2404:170:32::32:
Packets: Sent = 4, Received = 4, Lost = 0 (0% loss),
Approximate round trip times in milli-seconds:
Minimum = 1ms, Maximum = 2ms, Average = 1ms

C:\Documents and Settings\Andhee>ping www.kame.net

Pinging www.kame.net [2001:200:0:8002:203:47ff:fea5:3085] with 32 bytes of data:

Reply from 2001:200:0:8002:203:47ff:fea5:3085: time=735ms
Reply from 2001:200:0:8002:203:47ff:fea5:3085: time=715ms
Reply from 2001:200:0:8002:203:47ff:fea5:3085: time=707ms
Reply from 2001:200:0:8002:203:47ff:fea5:3085: time=717ms

Ping statistics for 2001:200:0:8002:203:47ff:fea5:3085:
Packets: Sent = 4, Received = 4, Lost = 0 (0% loss),
Approximate round trip times in milli-seconds:
Minimum = 707ms, Maximum = 735ms, Average = 718ms

C:\Documents and Settings\Andhee>ping ipv6.google.com

Pinging ipv6.l.google.com [2001:4860:0:2001::68] with 32 bytes of data:

Reply from 2001:4860:0:2001::68: time=593ms
Reply from 2001:4860:0:2001::68: time=597ms
Reply from 2001:4860:0:2001::68: time=628ms
Reply from 2001:4860:0:2001::68: time=585ms

Ping statistics for 2001:4860:0:2001::68:
Packets: Sent = 4, Received = 4, Lost = 0 (0% loss),
Approximate round trip times in milli-seconds:
Minimum = 585ms, Maximum = 628ms, Average = 600ms

Tuesday, June 24, 2008

10 Tips Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Bagaimana caranya agar pelanggan internet puas dengan layanan yang diambil? Cukup 3 hal saja yang perlu diberikan oleh ISP:
1. Koneksi yang stabil (no downtime)
2. Akses internet unlimited yang super cepat (high speed bandwidth)
3. Biaya yang murah (minimum cost)

Namun sepertinya ketiga hal tsb masih sulit didapat, karena poin 1 dan 2 berbanding terbalik dengan poin 3. Di Indonesia, untuk mendapatkan layanan internet yang cepat dan murah masih sulit. Kalaupun ada yang murah, biasanya hanya cepat diawal karena bandwidth yang diberikan share dengan pelanggan lainnya. Jika pelanggan sudah banyak, koneksi kembali lambat. Untuk itu ada satu poin lagi yang bisa menjadi key of success bagi sebuah ISP dalam menjaga kepuasan pelanggannya. Kuncinya adalah Customer Service, pelayanan yang diberikan ISP sebagai produsen kepada customer sebagai konsumen.

Tak diragukan lagi, konsumen tergolong aset paling berharga bagi semua jenis usaha. Tanpa dukungan mereka, bisnis kita tidak bisa eksis. Sebaliknya jika bisnis kita sukses memberikan pelayanan terbaik, konsumen tidak hanya membantu bisnis kita tumbuh. Lebih dari itu, mereka biasanya akan membuat rekomendasi untuk teman dan relasinya.

Menurut Susan A. Friedmann, setidaknya Anda perlu memahami “10 ayat-ayat” berikut agar dapat menajamkan fokus dalam melayani konsumen. Tips ini juga bisa diterapkan untuk jenis bisnis yang bergerak dibidang apapun, selama berorientasi pada customer satisfaction.. kepuasan pelanggan!!

1. Ketahui siapa bos sebenarnya.
Anda berbisnis untuk melayani konsumen, dan Anda hanya dapat melakukan itu apabila mengetahui keinginan mereka. Jika Anda sungguh-sungguh mendengarkan konsumen, mereka akan menjelaskan apa yang dikehendaki dan bagaimana sebaiknya Anda memberikan pelayanan terbaik untuk mereka. Jangan lupa bahwa yang “membayar” gaji kita dan memungkin bisnis ini berjalan adalah konsumen.

2. Jadilah pendengar yang baik.
Luangkan waktu untuk menelaah kebutuhan konsumen dengan bertanya dan fokus terhadap apa yang telah mereka katakan. Perhatikan kata-katanya, intonasi suaranya, gerak badannya, dan yang terpenting bagaimana perasaan mereka. Jauhkan diri dari asumsi-asumsi dan berpikir intuitif tentang keinginan konsumen.

3. Identifikasi dan antisipasi kebutuhan konsumen.
Perlu disadari, konsumen bukanlah sekadar membeli produk atau jasa. Akan tetapi mereka membeli perlakuan yang baik (good feelings) dan solusi atas masalah yang dihadapinya. Seringkali konsumen bersikap emosional ketimbang berpikir logis. Karena itu, semakin baik Anda memahami konsumen, maka akan lebih baik Anda dalam mengantisipasi kebutuhan mereka. Lakukan komunikasi secara reguler sehingga Anda tahu terhadap masalah yang muncul ataupun terhadap kebutuhan yang bakal datang.

4. Apresiasi dan jadikan konsumen merasa penting.
Perlakukan konsumen sebagai individu. Selalu pergunakan nama mereka dan temukan cara untuk memberikan pujian atau mengucapkan salam, tapi lakukan dengan betul-betul tulus. Orang sangat menghargai ketulusan. Hal ini menciptakan perasaan yang baik dan kepercayaan (trust). Pikirkan cara-cara untuk mendapatkan perasaan baik ini dalam menjalin hubungan dengan Anda. Konsumen amat sensitif dan akan tahu apakah Anda betul-betul peduli atau tidak kepada mereka. Jangan lupa, ucapkan terima kasih tiap kali ada kesempatan. Jika bertatap muka langsung dengan mereka, pastikan pula bahwa gerak tubuh Anda menunjukkan ketulusan. Antara kata-kata dan tindakan juga harus selaras.

5. Bantulah konsumen memahami sistem Anda.
Bisnis Anda bisa saja sudah diorganisasikan dengan sangat baik bahkan mungkin memakai standar internasional. Namun jika konsumen tak memahami sistem tersebut, tak mustahil mereka justru kebingungan, menjadi tak sabar bahkan marah. Karena itu, sediakan waktu untuk menjelaskan bagaimana sistem Anda bekerja dan bagaimana sistem itu semakin mempermudah transaksi. Meski demikian, perlu dijelaskan secara hati-hati bahwa sistem tersebut tetap tak mengurangi sentuhan manusia dalam bisnis Anda.

6. Apresiasi kekuatan “Ya”.
Carilah selalu cara bagaimana Anda bisa membantu konsumen. Pada saat mereka memiliki permintaan (sepanjang rasional) katakan bahwa Anda bisa memenuhinya. Bayangkan apa yang terjadi sesudah itu. Jalan bisnis Anda akan semakin mudah. Ringkasnya, selalu lakukan apa yang pernah Anda katakan.

7. Pahami bagaimana meminta maaf.
Ketika terjadi suatu hal buruk, maka minta maaflah. Hal ini mudah dilakukan dan konsumen pun menyukainya. Konsumen tentu saja tidak selalu benar, tapi konsumen selalu harus menang. Upayakan pemecahan masalah secepatnya dan informasikan kepada konsumen apa yang telah Anda lakukan. Permudah jalan bagi konsumen untuk menyampaikan komplain. Hargai keluhannya. Meski bagi kita mungkin terasa pahit, namun hal itu memberikan peluang untuk perbaikan. Sekalipun di luar cuaca sedang buruk, pergilah dengan cara Anda untuk membuat konsumen tetap nyaman.

8. Berikan melebihi ekspektasi mereka.
Karena masa depan sebuah bisnis terletak pada bagaimana mempertahankan kepuasan konsumen, pikirkan cara agar Anda bisa meningkatkan pelayanan dan memenangkan persaingan. Pertimbangkan hal berikut:
Apa yang bisa Anda berikan kepada konsumen yang tidak didapatkannya di tempat lain?
Apa yang dapat Anda berikan selanjutnya dan bagaimana berterima kasih sekalipun mereka tidak berbelanja?

9. Dapatkan umpan balik (feedback) secara rutin.
Dukung dan persilakan setiap usulan atau kritik masuk, tentang bagaimana Anda bisa memperbaiki diri. Terdapat sejumlah cara bagaimana Anda dapat menemukan pikiran dan perasaan konsumen mengenai pelayanan Anda. Dengarkan baik-baik apa yang mereka katakan. Periksa secara reguler untuk memastikan segala sesuatu berjalan dengan baik. Siapkan meteode yang memungkinkan kritik konstruktif, komentar, dan usulan mudah disampaikan.

10. Perlakukan karyawan dengan baik.
Karyawan adalah konsumen internal Anda yang memerlukan dosis apresiasi secara rutin. Ucapkan terima kasih kepada mereka dan temukan cara agar setiap karyawan memahami betapa pentingnya mereka. Perlakukan karyawan dengan penuh respek dan berikan peluang bagi mereka sehingga bisa mendorong pelayanan lebih baik untuk konsumen. Apresiasi itu penting datang dari atas. Karena itu, memperlakukan konsumen dan karyawan secara baik adalah sama-sama penting.

Source: http://www.businessknowhow.com/marketing/tencomm.htm

Monday, June 23, 2008

Antara Blogspot, Wordpress, Multiply

Dari sekian banyak web yang digunakan untuk nge-blog, menurut pengamatan saya pilihan mengerucut pada 3 site: blogspot, wordpress, multiply. Mana dari ketiga web-blog tsb yg menjadi pilihan anda? Tergantung blog seperti apa yang ingin anda buat. Berikut beberapa plus-minus dari masing2 web-blog..

www.blogspot.com
- mendukung javascript sehingga anda bisa membuat sendiri templatenya.
- template bisa juga anda ambil dari internet yang banyak bertebaran secara gratis.
- berbagai macam animasi bisa anda tambahkan untuk blog anda.
- Bisa juga anda tambahkan shoutbox / buku tamu untuk pesan singkat dari pengunjung.
- Untuk yang mau bisnis adsense blogspot.com merupakan pilihan tepat, karena memang diperbolehkan.
- sudah ada versi bahasa Indonesia.
- Untuk bagian komentar dari pengunjung, pada blogger.com ini akan berada pada halaman baru, artinya tidak langsung nampak pada kolom isian di bawah postingan anda, sehingga untuk memberikan komentar agak ribet. Akibatnya banyak pengunjung yang mengisi shotubox dari pada mengisi komentar.

www.wordpress.com
- banyak memiliki fitur dan kaya akan fasilitas.
- Semua template sudah disediakan dengan bentuk yang sangat bagus, anda tinggal pilih saja.
- untuk mengisi komentar dari pengunjung langsung berada dibawah postingan, jadi tidak perlu ke halaman baru. Rata-rata pengunjung akan memberikan komentarnya lebih banyak melalui blog wordpress.com dibanding blog lain
- sudah ada versi bahasa indonesia.
- tidak mendukung java script, sehingga tidak bisa dan tidak boleh dipasangi adsense.
- tidak bisa merubah layout yang sudah disediakan dan tidak bisa dipasangi shoutbox.

www.multiply.com
- menyediakan fasilitas upload musik dan video yang bisa di download oleh pengunjung dengan kecepatan yang maksimal.
- berisi iklan secara otomatis dari pihak multiply.com,
- tidak mendukung bisnis adsense serta javascript sehingga template yang digunakan tidak bisa dirancang sendiri
- bila pengunjung ingin memberikan komentar di blog kita, maka syaratnya pengunjung harus terdaftar juga di multiply.
- saat ini sepertinya belum ada versi bahasa indonesianya.

Faktor lain yang patut diperhitungkan adalah kecepatan akses internet dari ISP yang anda gunakan ke web-blog server. Jika menggunakan indonet, akses ke blogspot lebih cepat dibanding blog lainnya. Please see trace result below..

Andhee>tracetcp www.blogspot.com
Tracing route to 209.85.175.191 [tc-in-f191.google.com] on port 80
Over a maximum of 30 hops...
5 4 ms 3 ms 6 ms 118.91.224.226
6 6 ms 5 ms 4 ms 202.93.46.212
7 153 ms 179 ms 161 ms 202.93.41.113
8 71 ms 72 ms 71 ms 72.14.196.77
9 77 ms 69 ms 69 ms 64.233.175.209
10 94 ms 103 ms 96 ms 209.85.250.122
11 93 ms 91 ms 100 ms 209.85.250.103
12 94 ms 101 ms 108 ms 209.85.252.69
13 Destination Reached in 90 ms. Connection established to 209.85.175.191
Trace Complete.

Andhee>tracetcp www.wordpress.com
Tracing route to 72.232.101.43 [43.101.232.72.static.reverse.ltdomains.com] on port 80
Over a maximum of 30 hops...
5 5 ms 5 ms 4 ms 118.91.224.226
6 5 ms 4 ms 5 ms 202.93.46.212
7 188 ms 194 ms 186 ms 157.130.210.217 [500.POS2-1.IG2.SAC1.ALTER.NET]
8 193 ms 196 ms 201 ms 152.63.54.118 [0.so-5-3-0.XT2.SAC1.ALTER.NET]
9 191 ms 190 ms 188 ms 152.63.1.69 [0.so-5-2-0.XT2.SCL2.ALTER.NET]
10 191 ms 190 ms 188 ms 152.63.57.101 [0.so-7-0-0.BR1.SCL2.ALTER.NET]
11 219 ms 255 ms 201 ms 208.175.172.169 [cpr2-pos-9-0.sanjoseequinix.sav
vis.net]
12 225 ms 216 ms 217 ms 206.24.210.70 [cr1-loopback.sfo.savvis.net]
13 244 ms 240 ms 239 ms 208.172.130.71 [cr2-loopback.dan.savvis.net]
14 242 ms 242 ms 242 ms 204.70.203.58 [hr1-tengig-12-0-0.dallasda1.sav
vis.net]
15 246 ms 241 ms 243 ms 216.39.81.50
16 * * * Request timed out.
17 Destination Reached in 242 ms. Connection established to 72.232.101.43
Trace Complete.

Andhee>tracetcp www.multiply.com
Tracing route to 66.246.179.202 [www-v202.multiply.com] on port 80
Over a maximum of 30 hops...
5 4 ms 3 ms 7 ms 118.91.224.226
6 4 ms 4 ms 5 ms 202.93.46.219
7 7 ms 5 ms 5 ms 202.93.41.231
8 15 ms 6 ms 8 ms 202.93.41.193
9 61 ms 62 ms 62 ms 64.212.225.149 [so-2-2-1.ar1.CLK1.gblx.net]
10 68 ms 69 ms 70 ms 134.159.128.221 [unknown.net.reach.com]
11 68 ms 70 ms 69 ms 202.84.154.189 [i-0-0.hhtstcbr01.net.reach.com]
12 101 ms 101 ms 147 ms 202.84.144.134 [i-6-2.ntp-core02.net.reach.com]
13 101 ms 106 ms 100 ms 202.84.180.154 [i-1-1-1.6ntp02.net.reach.com]
14 105 ms 110 ms 102 ms 202.79.197.29 [p6762.sgw.equinix.com]
15 267 ms 268 ms 268 ms 89.221.35.144 [loa1-sin1-racc2.loa.seabone.net]
16 333 ms 332 ms 332 ms 195.22.216.214 [customer-side-netaccess-1-new3.
new.seabone.net]
17 334 ms 331 ms 334 ms 209.123.10.122 [0.e1-4.tbr1.oct.nac.net]
18 326 ms 325 ms 328 ms 209.123.10.38 [vlan805.esd2.oct.nac.net]
19 332 ms 344 ms 334 ms 207.99.31.30
20 Destination Reached in 336 ms. Connection established to 66.246.179.202
Trace Complete.

Friday, June 20, 2008

Friday Class

Untuk mengantisipasi perkembangan Teknologi ICT yang begitu cepat, sejak bulan lalu departeman NMC/NOC Indonet menggelar kelas khusus untuk internal training.. Training ini kemudian dikenal dengan Friday Class, karena diadakan setiap Jum'at.. Dalam kelas ini, selain sebagai sarana untuk sharing knowledge juga berguna untuk upgrade skill yang nantinya diharapkan para engineer lebih siap menghadapi problematika yang terjadi di lapangan.. Berikut agenda Friday Class dalam 3 bulan pertama.. baik yang sudah berjalan maupun yang akan bergulir..

16-May-08 Wireless Technology - Practical & Simulation
23-May-08 Network Knowledge & Basic Routing I
30-May-08 VSAT Technology - SOP Troubleshooting Update
06-Jun-08 VOIP Technology - Knowledge Sharing
20-Jun-08 Mobile ISP Technology - Knowledge Sharing
27-Jun-08 IPv6 Technology - Knowledge Sharing
04-Jul-08 Data Center & Apartment - SOP Troubleshooting Update
11-Jul-08 Network Config & Basic Routing II - Simulation
18-Jul-08 IP Core & Advance Routing I
25-Jul-08 IP Core & Advance Routing II

Berikut suasana salah satu Friday Class yang dilaksanakan di meeting room Indonet Gedung Cyber..



Nampak para peserta sedang menyimak materi yang disampaikan oleh trainer..

Friday, June 13, 2008

Catatan MM-2 TDA Jaksel

Sebagai tindak lanjut dari Mastermind TDA Jaksel, yg membagi MM menjadi 3 kelompok kecil berdasarkan business passion (MM Art, MM Jasa dan MM EO) maka malam kemarin digelar pertemuan perdana MM Jasa. Bertempat di markas bisnisnya Pak Idham Amanah, hadir pada saat itu Pak Andi Katering, Pak Jaya Sahabat Muslim dan saya sendiri, Andy GwGuyur. Awalnya kami agak bingung mesti ngapain di mastermind ini. Sebagai awalan kami berempat "lebih" memperkenalkan diri dan sharing perjalanan bisnis masing-masing.

Singkat cerita, kami ngobrol ngalor ngidul selama dua jam dari 19:30 s/d 21:30, namun tetap fokus ke tujuan mastermind. Sambil ditemani nasi goreng dan teh tawar hangat yang disuguhi tuan rumah, tercipta juga beberapa kesimpulan. Pertama, menetapkan Pak Idham sebagai koordinator MM 2 TDA Jaksel dengan fokus bisnis dibidang jasa. Kedua, menghasilkan suatu produk jasa untuk "dijual" pada acara Talkshow Employpreneurship yang akan digelar oleh MM 3 TDA Jaksel Agustus nanti. Ketiga, mencari peluang bisnis di daerah sekitar bekerjasama dengan lembaga sosial atau yayasan yang sudah ada.

Harapan kami berempat, dari pertemuan sederhana kelompok kecil ini akan berlanjut ke pertemuan2 berikutnya.. hingga muncul ide2 besar yg kemudian berujung pada action2 besar.. Insya Allah..

Slow but sure.. Mastermind must go on.. To keep open our mindset.. :)

Tuesday, June 10, 2008

Total Football is Back.. !!

Demam Euro 2008 mulai terasa dimana2 sejak mulai bergulir Sabtu lalu. Gw termasuk yg kena getahnya, meski baru semalem nonton langsung secara full partai Big Match Belanda vs Italy. Sebelumnya cuma nonton sebentar karena keburu ngantuk, atau liat siaran tundanya. Kebetulan Dede Faruq seperti biasa bangun tengah malem sambil nangis.. Biasa, minta enen sama ummi-nya.. Jadi deh nonton Euro tanpa pasang alarm.. :)

Belanda turun dengan formasi 4-2-3-1 untuk memodifikasi total football, sementara Italy mencoba tampil menyerang melalui formasi 4-3-3. Di babak pertama serangan Italy terlihat kedodoran karena Andrea Pirlo seperti berjuang sendirian dan jaraknya terlalu jauh untuk mensuplai bola ke Luca Toni. Sementara Belanda yg memainkan dua playmaker, Wesley Sneider dan Van Der Vaart, terlihat lebih dominan dan memiliki variasi serangan yang lebih banyak. Van Nistelrooy membuka kemenangan Belanda melalui golnya disusul oleh tendangan voli Sneider yang membobol gawang Buffon. 2-0 untuk Belanda..

Memasuki babak kedua, Italy memasukkan Del Piero dan Cassano untuk membantu serangan. Terbukti serangan Italy lebih hidup karena Pirlo menjadi lebih bebas bergerak. Namun kepiawaian Van Der Sarr membuatnya berhasil mengamankan gawang Belanda. Sebaliknya, Belanda berhasil menambah gol melalui sundulan Van Bronkhorst memanfaatkan umpan Dirk Kuyt. Skor akhir 3-0 untuk kemenangan Belanda atas Italy, yg berstatus juara dunia 2006.

Komentator RCTI menunjuk Van Der Sarr sebagai Man of The Match pertandingan tadi karena melakukan sejumlah penyelamatan gemilang, diantaranya memblok tendangan bebas Andrea Pirlo yang saat ini berstatus penendang bebas paling mematikan (waduh.. serem amat..). Sementara versi okezone.com jatuh pada Wesley Sneider sebagai pengatur serangan Belanda yang juga menciptakan satu gol indah (gol terbaik Euro untuk saat ini). Lain lagi dengan detikcom, gelar pemain terbaik dalam Big Match tsb diberikan pada Dirk Kuyt yang memberi umpan atas dua gol Sneider dan Van Bronkhorst. Kalo versi gw? Giovanni van Bronkhorst, yang dalam posisinya sebagai bek kiri sering membantu serangan bahkan mencetak gol. Siapapun man of the match di laga ini, menunjukkan permainan kolektif Belanda dimainkan dengan apik oleh seluruh pemainnya dan memberikan hiburan tersendiri..

Gaya permainan Belanda yang menerapkan Total Football selalu asik untuk ditonton. Setiap pemain menampilkan pola menyerang dan bertahan yang sama bagusnya. Mungkin inilah saatnya mereka mengulang kembali masa kejayaan Johan Cruyff dkk di era 70-an dan Marco Van Basten Cs saat juara eropa 88. Saat itu Van Basten tampil sebagai pemain bintang, dan dia terobsesi ingin mengulanginya kembali sebagai pelatih Belanda saat ini. Mungkinkah ? Kita lihat saja nanti.. Tim kuat Prancis sudah menunggu di Big Match berikutnya..

Psst.. Gimana ulasan gw ? Cocok gak kira2 jadi wartawan bola.. :)

Sunday, June 8, 2008

Domain Gratis

Dari sekian banyak domain gratis, banyak orang memanfaatkan untuk bikin blog. Maka bertebaranlah web pribadi dengan menggunakan domain gratisan tsb, diantaranya yg cukup populer blogspot.com, wordpress.com dan multiply.com. Dari nama dan fiturnya, domain2 tsb lebih cocok dipakai untuk para blogger.

Kalo untuk company atau organisasi rasanya kurang pas pake domain yg ada embel2 dibelakangnya. Idealnya memang beli domain co.id atau dotcom. Tapi, kalo gak mau keluar duit gak ada salahnya kita mulai dengan domain gratisan. Satu diantaranya adalah domain co.cc.

Coba deh.. Selain prosesnya cepat, kita bisa forwarding domain di co.cc ke web atau blog kita sebelumnya. Seperti dua domain yang sudah saya create di bawah ini:

www.andyrachmat.co.cc
www.quadcomm.co.cc

Salam gratisan.. :)

Tuesday, June 3, 2008

Tips Memulai Usaha

Tanya:

Assalamu'alaikum Pak Andy......
Insya Allah, ceritanya aku dan beberapa teman ingin serius utk berbisnis, ya kecil2an sich (doain ya......)
nah, aku kan pernah dengar pak andy salah satu orang yang sampai saat ini masih jalan berbisnis dan sudah mengalami pasang surut dlm berbisnis
ehm....kira2 apa yg musti kita persiapkan nich pak utk mulai berusaha?
maksudku apakah ada trik2 tertentu sehingga bisa meminimalisir kesalahan2 dan kekacauan2?
dan mungkin hal2 lainnya bisa dishare? ( ^ ^ )
Jazakallah ya pak.............( ^ ^

Jawab:

'Alaikumussalam..

Kalo mulai usaha, gak ada trik khusus.. Hingga saat ini saya juga masih proses belajar. Mungkin sedikit sharing pengalaman aja ya..

1. Berani memulai
Jujur aja, kita buka usaha tentu ingin menghasilkan uang.
Kalo mulai usaha sekarang, kemungkinan uang akan datang hari ini.
Tapi kalo usaha itu kita tunda, entah kapan kita akan menghasilkan uang.
Mengutip ungkapan seorang teman, "Anda tidak perlu hebat untuk memulai, tetapi anda harus memulai untuk menjadi hebat"

2. Yakin untuk Sukses
Banyak yang bilang, untuk sukses berbisnis itu harus berani gagal.
Saya lebih setuju dengan keyakinan untuk sukses, Kata gagal berkonotasi negatif dan cenderung melemahkan kita.
Andaikan mulai usaha sekarang dan ternyata gagal, kita bisa
secepatnya putar haluan usaha dan mencoba yang lainnya. Ingat, waktu
dan umur adalah komoditas termahal. Sangat jarang orang membuka bisnis langsung berhasil dan permanen
seumur hidupnya. Saya sendiri jatuh bangun beberapa kali, mulai dari buka usaha kaos, buku2 islam, laptop second hingga bisnis burger.
Untuk burger ini saya sempat bertahan 2 tahun dan punya 2 counter, tapi akhirnya saya jual semua.
Semua itu boleh dikatakan gagal. Tapi kemudian saya mulai menemukan bisnis yang pas saat ini di cuci motor (www.gwguyur.com).

3. Mulai usaha dengan apa yang ada, nanti akan ketemu juga jalannya.
Saya sering baca, banyak pengusaha yang tidak menduga kalo dia bisa
bisnis di bidang seperti sekarang ini, yang pada awalnya tidak ada
minat kesana. Saya sendiri punya interest di bidang komputer, tapi
usaha sekarang malah melenceng dari minat saya (cuci motor).

4. Banyak berteman dengan pengusaha untuk membangun jiwa enterpreneur kita.
Gak harus pengusaha besar dan sukses. Pengusaha2 UKM banyak disekitar kita, termasuk yang baru mulai seperti kita.
Alhamdulillah, sejak saya gabung di komunitas TDA (www.tangandiatas.com), passion bisnis saya terus terjaga.
Dari mereka, saya juga bisa sharing pengalaman2 yang dihadapi dalam dunia usaha.
Ikut aja milisnya dulu.. tangandiatas@yahoogroups.com atau milis enterpreneur lainnya.

5. Selalu open minded. Kalo keukeuh dengan pendirian sendiri, kita
tidak akan banyak belajar pengalaman hidup dari orang lain. Kalo
sudah demikian, kita jadi nggak berkembang.

Intinya adalah, segera mulai dan terus bergerak. Semakin kita diam, semakin berat untuk menggerakkan bisnis kita.
Dan ketika kita sudah mencoba, maka gerak sekecil apapun akan membuat gerak bisnis berikutnya menjadi lebih mudah.
Insya Allah.. Semoga membantu..