Tuesday, December 11, 2007

Inovasi.. !!

Berkembangnya dunia ICT di Indonesia saat ini tak lepas dari serangkaian inovasi yang dilakukan para pelaku sejarah dunia ICT itu sendiri. Itulah pesan moral dari Pak Garuda dalam diskusi panel di FAST AWARD 2007. Tokoh yang sudah malang melintang di dunia ICT mulai dari Telkom, Indosat, Komselindo (sekarang Mobile-8) hingga Telkomsel itu juga banyak curhat tentang perjalanan karirnya hingga saat ini.

Diantara point curhatnya, ketika Pak Garuda mendirikan Telkomsel untuk melakukan revolusi dunia ICT dari fixed phone menuju mobile phone. Saat itu posisi Satelindo sangat kuat karena dominasi keluarga Cendana. Berhadapan dengan kekuatan Cendana tidak membuatnya ciut, apalagi mundur. Telkomsel yg kesulitan membuka jaringan di Jakarta dan Jawa, kemudian memulainya dari Batam. Pertimbangannya, saat itu sinyal Singtel bergerak bebas di Batam dan perlu diproteksi. (Sekarang justru Singtel bisa membeli Telkomsel? Kok bisa..) Akhirnya, seperti obat nyamuk, jaringan Telkomsel terus meluas mulai dari luar Jawa hingga jantungnya Indonesia, yaitu Jawa. Singkat cerita, Telkomsel akhirnya memiliki coverage area terluas dan pelanggan terbanyak di tanah air.

Inovasi bukan hanya sekedar kreasi. Jika kreasi adalah perubahan dari sesuatu yang sudah ada, maka inovasi adalah perubahan dari sesuatu yang belum ada menjadi ada. Atau dari sesuatu yang lama menjadi baru. Biasanya, seorang yang pasif hanya menikmati sesuatu yang sudah ada tanpa bisa menghasilkan apa-apa. seorang yang kreatif akan menghasilkan karya-karya yang biasa saja. Namun seorang yang inovatif akan menghasilkan karya-karya yang luar biasa spektakuler.

Inovasi dalam bisnis tidak hanya melulu dengan menciptakan sesuatu yang baru. Inovasi juga bisa dengan mempelajari dari keberhasilan bisnis yang sudah ada, atau bahkan mencontek dari para pengusaha sukses. Selama yang kita contek adalah hal positif dan tidak melanggar kode etik dunia bisnis, kenapa tidak? point-nya adalah kita bisa berubah dari tidak punya menjadi punya.. Dari ngontrak menjadi punya rumah sendiri.. Dari bekerja dengan orang lain menjadi punya usaha sendiri.. Entah itu usaha voucher, burger, garmen, dan masih banyak lagi peluang usaha untuk kita selagi ada kemauan.

Mari kita mulai berinovasi.. Mulai dari mana? Seperti kata Aa Gym, mulailah dari diri sendiri, dari yang terdekat (terjangkau), dari yang terkecil (sesuai kemampuan) dan mulai saat ini juga..!!

No comments: