Thursday, December 27, 2007

Tentang Kista

Sekali lagi saya mendapat pelajaran tentang sabar dan syukur. Bersabar ketika menerima cobaan dalam hidup, dan bersyukur saat mendapatkan kenikmatan hidup..

Sejak awal cek kehamilan oleh Dr. Anita di JMC, dalam perut istri saya terdeteksi adanya kista. Sekitar dua bulan lalu, saat kehamilan istri saya memasuki usia 3 bulan, ukuran kista makin membesar sehingga ada kemungkinan untuk dilakukan operasi pengangkatan kista agar tidak mengganggu pertumbuhan janin. Menurut Dr. Anita, jika kista terus membesar maka akan membahayakan janin dalam rahim. Meski posisinya diluar rahim, kista yang membesar dalam indung telur itu akan "berebut tempat" dalam perut wanita hamil. Pada kondisi janin mulai terdesak inilah kista harus diangkat.

Meski menurut dokter operasi pengangkatan kista tidak membahayakan janin, karena letaknya yang berjauhan, tetap saja kami merasa khawatir. Mendengar kata operasi saja, terbayang oleh saya segala kemungkinan yang bakal terjadi sebagai akibat dari operasi itu. Apalagi menurut dokter kista itu tidak ada obatnya, dan jika terus membesar tidak ada jalan lain selain operasi. Kamipun hanya bisa berdo'a dan berdo'a..

Alhamdulillah.. Hasil cek dokter kemarin, memasuki masa kehamilan 5 bulan ini kandungan istri saya mengalami perkembangan positif. Kista yang ada dalam perut istri saya cenderung mengecil. Artinya, tidak perlu dilakukan operasi pengangkatan kista tsb. Pada bulan keempat sebenarnya sudah mulai mengecil, namun kata dokter saat itu masih perlu dipantau dulu perkembangannya. Jika istri saya merasakan sakit yang terus menerus diperutnya, itu kemungkinan karena kista yang membesar. Sekali lagi, alhamdulillah, selama ini tidak ada keluhan dari istri saya dan kondisinya sehat wal'afiat.

Apa sih kista itu? Kista adalah tumor yang berisi cairan. Pada wanita, kista bisa tumbuh di kelenjar indung telur (ovarium). Ada kista yang timbul di vagina atau bibir kemaluan (misalnya kista kelenjar bartholine ) dan sebagainya. Pada ovarium, kistanya juga bisa bermacam-macam. Ada “kista fungsional”, yang diperlukan tubuh wanita hamil untuk mempertahankan kehamilannya, yang akan menghilang setelah ari-ari terbentuk lengkap (disebut juga kista lutein). Ada kista dermoid, yang berasal dari sisa jaringan embrio (biasanya berisi lemak/tulang/ rambut dan sebagainya).

Ada juga kista endometriosis, yang berisi cairan kecokelatan (kista cokelat), yang terjadi karena tumbuhnya jaringan endometrium di tempat tersebut, dan di pengaruhi oleh hormon estrogen. Masih banyak lagi jenis dari kista ovarium ini.
Pada istri saya, kemungkinan besar kista yang ditemukan adalah kista lutein (kista fungsional) yang tidak memerlukan pengobatan ataupun tindakan operasi.

kehamilan dengan kista, yang bisa dilakukan adalah memantau perkembangan kehamilan sekaligus sambil memantau perkembangan kista, apakah ukurannya bertambah besar atau tidak. Jika bertambah besar, sebaiknya diangkat, tapi jika ukurannya tetap, atau bahkan mengecil, maka hal tersebut tidak apa-apa. Pengangkatan kista pada kehamilan dilakukan bila usia kehamilan telah lebih dari 16 minggu, karena pada usia kehamilan tersebut, plasenta telah terbentuk dengan baik. Karena kista sebetulnya adalah hasil ‘bentukan alami’ dari tubuh, maka proses kontrolnya tergantung pada metabolisme hormonal si empunya kista, tidak ada obat atau hal lain yang bisa memperkecil kista.

Selama masa kehamilan trimester pertama, memang disarankan sebaiknya tidak melakukan hubungan intim terlebih dahulu, berkaitan dengan hormon prostaglandin yang terdapat dalam sperma. Hormon ini sering mengakibatkan kontraksi pada rahim, sementara pada saat hamil, rahim lebih mudah berkontraksi. Akibatnya dikuatirkan tempat melekatnya ari-ari akan lebih mudah bergeser dan menyebabkan perdarahan. Memasuki masa trimester kedua akan lebih aman bagi janin untuk melakukan hubungan intim.

Begitulah kira2 seputar kista.. yg saya kutip dari berbagai sumber.
O ya, saat cek USG kemarin, calon Andy Junior tedeteksi laki-laki.. Alhamdulillah.. Semoga prosesnya menuju persalinan nanti lancar dan normal.. Amiin

2 comments:

Anonymous said...

bang Andi,

Semoga kandungan istri abang dapat terus berkembang sehat dan normal yah. Dan nanti bisa lahir jagoannya amiin.

Anonymous said...

amin ya robbal 'alamiin.. thanks, om iqbal. para malaikat selalu mendo'akan orang2 yang berdo'a untuk saudaranya sesama muslim..