Saturday, December 29, 2007

Catatan Akhir Tahun 2007

Perjalanan tahun 2007 tinggal 2 hari lagi. Tak terasa, ditahun ini banyak suka duka yang telah saya lalui. Ditahun ini ada 3 kerabat dekat saya yang dipanggil kehadirat Yang Maha Kuasa. Ketiganya adalah bibi saya, kakak dan adik dari ibu saya. Dalam bahasa betawi, kakak dari orangtua biasa dipanggil dengan sebutan encang. sedangkan adiknya dikenal dengan panggilan encing. Encing saya yang meninggal disebabkan penyakit diabetes, sedangkan kedua encang saya menutup usianya pada umur 70-an tahun.
Saat ini berarti tinggal Ibu Saya dan Cing Salmah yang masih hidup di garis keturunan kakek saya dari ibu. Sedangkan di garis keturunan kakek dari bapak sudah meninggal semua. Terakhir, bapak saya meninggal pada tahun 2003.

Terlepas dari rentetan kisah duka tersebut, saya menyebut tahun 2007 dengan Tahun Investasi. Setidaknya ada 3 keputusan investasi yang saya ambil sepanjang 2007. Pertama, Investasi Rumah. Dimulai dengan memberikan tanda jadi di bulan Juni 2007, akhirnya saya bisa mendapatkan sebuah rumah di Perumahan Bukit Dago, Pamulang melalui KPR. Meski serah terima kunci sudah dilakukan bulan Desember ini, namun sepertinya rumah itu belum bisa saya tempati dalam waktu dekat. Selain jarak yang cukup jauh dengan lokasi kerja (nunggu punya mobil, biar bisa lewat tol.. hehe), kondisi istriku yang sedang hamil belum memungkinkan untuk pindah rumah. Mungkin satu atau dua tahun lagi saya baru hijrah kesana, sambil nyicil untuk mengisi perabot rumah dan renovasi kecil2an. Semoga ini adalah investasi terbaik saya untuk keluarga di masa depan.

Kedua, Investasi Pendidikan. Dulu, setelah lulus S1 saya pernah punya keinginan untuk melanjutkan S2. Namun keinginan itu meredup seiring dengan berjalannya waktu. Meski demikian, saya tetap beranggapan bahwa pendidikan adalah salah satu investasi terbaik untuk masa depan. Sayapun menawarkan istri saya agar dia saja yang melanjutkan kuliah. Kebetulan istri saya yang lulusan D3 ternyata punya keinginan untuk mengambil S1 di UI. Alhamdulillah, akhirnya istriku lolos tes masuk S1 extension di FKM UI pada Agustus 2007. Semoga ilmunya kelak bermanfaat untuk kami dan juga ummat.

Ketiga, Investasi Saham. Pada RUPS GwGuyur diawal tahun 2007, ada rencana untuk pengembangan bisnis dan penawaran pembelian saham terkait dijualnya saham oleh dua orang share holder. Sayapun memberanikan diri membeli kedua saham tersebut dengan melihat cashflow GwGuyur yang cukup positif untuk prospek bisnis kedepan. Bersama GwGuyur, saya sebenarnya sedang belajar bagaimana menjadi seorang enterpreneur. Jadi, dengan menjadi shareholder ini adalah jalan menuju mimpi besar saya menjadi TDA (Tangan Di Atas). Meski nilai saham saya disini relatif kecil, banyak hal yang saya dapatkan dalam dunia bisnis dan franchise melalui GwGuyur ini. Dan melalui Gwguyur juga, saya kenal dengan sebuah komunitas dahsyat yang bernama TDA.

Dengan mengambil tiga jenis investasi tsb, saya harus mulai berhemat dan mulai membidik sumber penghasilan lain. Selain itu saya juga harus menghapus beberapa target untuk membeli kebutuhan konsumtif, seperti mobil misalnya. Itulah resiko yang harus saya ambil. Sebenarnya masih ada satu jenis investasi lagi yang ingin saya ambil, yaitu asuransi syari'ah. Namun melihat kondisi keuangan yang belum memungkinkan, asuransi ini baru akan saya masukkan dalam action list yang harus saya ambil di tahun 2008. Insya Allah..

No comments: