Friday, January 4, 2008

Memilih Lokasi Rumah Di Sekitar Jakarta


Dari polling sederhana yang saya buat diblog ini selama bulan Desember 2007 lalu tentang lokasi perumahan yang paling strategis dan ekonomis di sekitar Jakarta, ada 20 voter yang masuk. Polling ini saya buat ketika mengalami kesulitan untuk memilih rumah, meski survey ke sejumlah lokasi sudah dilakukan.

Hasilnya, lokasi perumahan di Depok ternyata menjadi pilihan utama para voter. Depok memang termasuk salahsatu daerah pinggir Jakarta yang paling cepat perkembangannya. Coba saja kita jalan2 ke sepanjang jalan margonda, hampir dalam setiap radius 100 meter ada mall yang berdiri megah ditepi jalan. Dan itu terus berkembang ke wilayah Depok lainnya, seperti Cimanggis dan Sawangan. Nggak salah kalo Depok terpilih sebagai lokasi paling strategis dalam polling ini. Namun apakah membeli rumah di Depok juga cukup ekonomis? belum tentu. Lokasi lain seperti Cinere dan Pamulang sepertinya lebih ekonomis dari sisi harga.

Mungkin akan lebih baik jika faktor strategis dan ekonomis ini dipisah. Dan setiap orang juga memiliki penilaian tersendiri mengenai definisi strategis dan ekonomis ini. Namun karena dua faktor ini (menurut saya) seringkali menjadi prioritas setiap orang untuk membeli rumah, tidak ada salahnya untuk digabung agar pilihan lebih mengerucut. Hasilnya, boleh dijadikan referensi atau dianggap angin lalu.. terserah anda.. :)

No comments: