Friday, November 16, 2007

Cuma Ada 2 Pilihan: Gerak atau Gerak !!

Menarik sekali tulisan Pak Fauzi tentang INERSIA. Seperti halilintar yang menghantam di siang bolong, tulisan itu cukup membangkitkan kembali spirit saya untuk terjun ke dunia bisnis. Bangkit? Berarti saya sebelumnya sudah pernah terjun ke dunia bisnis donk? Hmm.. Saya jadi teringat beberapa fase yang pernah saya lalui di masa lalu..

Doeloe, saya bersama teman2 seperjuangan masa SMA pernah berkolaborasi membuat kaos untuk dijual. Kita berlima masing2 setor modal 200 ribu untuk biaya produksi. Saat itu kita hanya produksi sekitar 10 lusin dengan desain sendiri. Alhamdulillah, dalam hitungan beberapa bulan kaos terjual habis. Namun karena alasan kesibukan masing2, bisnis tsb tidak berlanjut.

Kemudian, saat kuliah saya bernah jualan buku bersama seorang teman (Mas Roji). Dengan modal masing2 500 ribu, bisnis ini berjalan selama hampir satu tahun. Namun karena alasan sibuk kuliah (saat itu saya mulai menyusun TA), bisnis ini tenggelam ditelan waktu..

Masih ada beberapa cerita lagi seputar bisnis yang pernah saya jalani. Namun saya malu menceritakannya disini karena tidak ada yang tergolong sukses. Setidaknya saya pernah memiliki insting bisnis, sehingga ketika saat ini spirit itu kembali menggeliat, saya harus belajar dari kegagalan demi kegagalan. Mungkin saat itu saya memang belum sepenuhnya terjun ke dunia bisnis, melainkan hanya coba2. Tetapi saya bersyukur karena telah mencoba. Karena berbeda dengan diam, mencoba adalah gerakan kecil untuk menghasilkan gerakan yang lebih besar. Seperti kata Pak Fauzi diakhir tulisannya..

"Semakin Anda diam, semakin berat nanti Anda untuk menggerakkan bisnis Anda. Dan ketika Anda sudah mencoba, maka gerak sekecil apapun akan membuat gerak bisnis berikutnya menjadi lebih mudah"

No comments: