Monday, November 19, 2007

Investasi Terbaik

Hari ini saya seperti mendapat tambahan energi ketika membaca sebuah email dari milis TDA. Berikut saya cuplik dari penggalan awal di body message,

yudha_bs wrote: Masih terngiang-ngiang pesan menggoda dari Pak James bahwa investasi terbaik adalah Properti, yang mampu memberikan tambahan digit "0" dalam 10 tahun (1000%), menjadikan Properti sebagai alternative investasi terbaik menuju financial freedom. Dengan nilai return 100%/tahun, lebih besar dari return saham dan emas.

Begini ceritanya...

Alkisah, sekitar bulan Mei 2007 saya mendapat brosur housing estate dari kakak saya di daerah Pamulang. Entah mengapa, saat itu saya langsung tertarik untuk melihat lebih dekat lokasi perumahan tsb. Namanya Bukit Dago Housing Estate. Seminggu kemudian saya survey ke Pamulang lewat Ciputat. Kata orang, mencari rumah itu ibarat mencari jodoh. Kalo udah menemukan kecocokan, sulit pindah ke lain hati, eh lain rumah maksudnya. Nah, saat itulah saya langsung kesemsem sama si Bukit Dago. Setelah discuss dgn istri tercinta, kami sepakat mengambil rumah dengan type 45/151 (hoek) yang saat itu masih berupa tanah kavling. Minggu berikutnya saya kembali mengunjungi Bukit Dago. Kali ini lewat Pondok Cabe untuk setor uang tanda jadi.

Singkat cerita, Jum'at lalu (16/11) saya dikontak pihak developer. Infonya, rumah saya sudah jadi dan akhir bulan ini akan dilakukan serah terima kunci. Wow.. saya bakal punya rumah baru.. Duh senengnya.. :) Padahal waktu ngasih tanda jadi dulu, saya blom tahu bakal bayar cicilannya darimana.. Maklum, selain gaji pas2an tabungan juga mulai menipis. Saat itu saya cuma punya dua alasan, 1. saya baca dibukunya Safir Senduk, investasi rumah selalu menguntungkan 2. Mulai berpikir untuk mencari tempal tinggal diluar Jakarta.. Yg sejuk, asri, bebas polusi..

Akhirnya, Minggu kemarin (18/11) saya kembali berkunjung ke Bukit Dago untuk melihat progress terakhir sebelum serah terima. Masih ada beberapa hal kecil yang perlu dipoles. Sehingga saat serah terima nanti benar2 kondisi rumah sudah terbangun 100%. Iseng2 saya lihat brosur yang paling update. Ternyata rumah saya yang Mei 2007 masih senilai 130jt, saat ini type yang sama dijual dengan harga 160jt. Artinya, sekitar 6 bulan saja harga jual rumah (tanah & bangunan) sudah naik 30jt atau sekitar 18,75%. Jadi, cukup masuk akal komentar Pak Yudha yang saya cuplik emailnya diawal tulisan ini. Kalo nggak meleset, Bulan Mei 2008 harga rumah saya menjadi sekitar 260jt. Dan tahun 2017, harga rumah sudah berada dikisaran 1,3M..!!

So, tunggu apalagi, jangan ragu untuk beli rumah. selain untuk investasi, Anda juga bisa menempatinya sebagai tempat tinggal. Bandingkan jika kita ngontrak rumah 1 tahun saja, anggap sebulannya 1jt. Dalam 1 tahun, uang Anda menghilang begitu saja senilai 12jt untuk kontrak rumah. Tak berbekas sama sekali. Padahal dengan 1jt perbulan Anda bisa mulai mencicil rumah, dengan masa kredit yang lebih panjang tentunya. Atau Anda punya uang cash? itu jauh lebih baik. Semoga rumah yang saya beli ini benar2 menjadi investasi terbaik bagi saya dan keluarga. Tertarik? Silahkan berkunjung ke Bukit Dago.. :)

No comments: