Wednesday, January 9, 2008

Butterfly...


Selasa kemarin saya cukup terhibur dengan menonton langsung acara Extravaganza di studio 1 TransTV. Berbekal tiket gratis dari mantan staff saya yang kini bekerja di TransTV, saya mendapat kesempatan untuk melihat lebih dekat proses produksi sebuah acara TV Show.

Acara TV yang berdurasi 2 jam itu memakan waktu shooting sekitar 4 jam. Saya yang malam itu datang bersama istri dan 2 orang keponakan hanya menonton sekitar 2 jam saja, karena waktu sudah cukup malam (mulai jam 8 malam). Sebelum pulang, kami sempat menyaksikan bintang tamu yang hadir saat itu, Melly dan Andhika, menyanyikan lagu Butterfly.

Butterfly, bagi saya, adalah sebuah penggambaran untuk sebuah perubahan. Seekor kupu-kupu yang indah, menyejukkan siapa saja yang memandangnya. Memilih makanan dari bunga-bunga pilihan dengan sari-nya yang berkualitas. Terbang bebas kesana kemari, tanpa beban tapi bisa memberi manfaat bagi sekitarnya. Padahal, sebelumnya ia hanyalah seekor ulat biasa yang dekil dan sederhana.

Perubahan wujud dari ulat menjadi kupu-kupu (metamorfosis) diikuti dengan perubahan peran di lingkungan. Yang semula ditakuti orang, berubah menjadi dicinta, dulu dijauhi, sekarang didekati, dulu menimbulkan bencana bagi bunga dan buah, kini membantu proses penyerbukan. Ulat, yang semula menyandang ˜nama besar" sebagai biang masalah, berubah menjadi penopang keberlanjutan ketersediaan sumber daya. Sebuah ilustrasi yang begitu indah dari Yang Maha Kuasa untuk menjadi pelajaran bagi umat manusia..

Butterfly terbanglah tinggi
Setinggi anganku untuk meraihmu

Butterfly fly away so high
As high as hopes I pray
To come and reach for you

No comments: